Home / General / Mengenal Penyakit Rhinitis Alergi
Mengenal Penyakit Rhinitis Alergi

Mengenal Penyakit Rhinitis Alergi

Mengenal Penyakit Rhinitis Alergi

Pernahkah kamu mendengar rhinitis alergi sebelumnya? Penyakit jenis apa itu? Menurut alodokter.com rhinitis alergi adalah peradangan yang terjadi para rongga hidung akibat reaksi alergi. Rhinitis alergi adalah peradangan yang terjadi di lapisan mukosa hidung dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh beraksi dengan berlebihan terhadap papara alergen yang masuk melalui hidung. Menurut hellosehat.com rhinitis alergi muncul ketika kamu menghirup zat alergen pemicu alergimu, contohnya seperti debu, polusi udara, bulu binatang. Apa penyebab dan gejalanya? Bagaimana dengan pengobatan rhinitis alergi ini?

Rhinitis alergi disebabkan oleh adanya kelainan respons sistem imun terhadap zat pemicu alergi atau alergen. Zat tersebut tidak berbahaya bagi sistem imun, namun pada orang yang memiliki alergi, sistem imun akan menganggap benda-benda tersebut berbahaya hingga timbul reaksi alergi. Reaksi alergi pada rhinitis alergi dipicu oleh masuknya alergen ke dalam rongga hidung. Terdapat beberapa alergen yang dapat memicu reaksi dalam sistem kekebalan tubuh seperti debu, kulit atau bulu hewan, serbuk gergaji, lateks, spora jamur, tungau dan serbuk sari. Faktor-faktor risikonya meliputi faktor keturunan, sering terpapar asap rokok dan memiliki alergi jenis lain seperti asma atau dermatitis atopik. Selain itu, lingkungan yang lembab, suhu dingin, asap dan polusi serta parfum juga dapat memperparah penyakit ini. 

Lalu apa saja gejalanya? Tiap penderita dapat mengalami gejala yang berbeda. gejala biasanya langsung timbul setelah penderita terpapar pemicu alergi beberapa gejala yang dapat muncul adalah bersin-bersin, mata terasa gatal atau berair, pilek atau hidung tersumbat, gatal pada mulut dan tenggorokan, ruam pada kulit, batuk, sakit kepala, lemas dan terkadang menimbulkan gangguan tidur.

Bagaimana dengan pengobatan rhinitis alergi? Apakah membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasinya? Kamu dapat menggunakan bemacam obat alergi untuk menangani masalah alergimu. Keefektivitasan dari obat akan tergantung pada gejala yang ditimbulkan oleh tubuhmu. Kamu dapat menggunakan beberapa obat untuk meringankan gejalanya sebagai berikut. 

  1. Obat medis

Pengobatan rhinitis alergi lainnya adalah dengan obat-obatan medis. Obat alergi tidak akan menyembuhkan alergi, namun dapat meringankan efek dari alergi. Beberapa contoh obat alergi yang dapat digunakan adalah antihistamin, kortikostreroid intranasal, dan dekongestan. Anthistamin merupakan obat yang dapat menghalangi aksi dari zat histamin atau zat yang menyebabkan alergi dalam tubuh. Kortikosteroid intranasal atau semprotan hidung dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat alergi. Dekongestan adalah salah satu obat yang dapat meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. 

  1. Obat tetes mata

Obat ini dapat meredakan mata merah dan gatal yang diakibatkan oleh alergi. Kamu harus melakukannya dengan benar agar obat dapat bereaksi. Sebelum menggunakannya, pastikan tanganmu bersih atau kamu dapat mencuci tangan sebelum menggunakan obat tetes mata. Jangan lupa untuk melepaskan lensa kontak jika kamu mengunakannya. 

  1. Obat herbal

Dilansir dari honestdocs.id minyak atsiri dapat memberikan efek menenangkan dan anti-inflamasi dapat digunakan sebagai obat rumahan untuk meringankan alergi debu. Kamu juga dapat menggunakan cuka apel, bubuk kunyit, lidah buaya, madu dan lainnya.

  1. Imunoterapi

Menurut alodokter.com hidung gatal akibat dari alergi dapat diatasi dengan terapi khusus. Terapi imunoterapi ini dilakukan dengan menyuntikkan alergen ke kulit dalam jangka waktu dan dosis tertentu. Terapi ini bertujuan untuk menurunkan sensitivitas sistem imun tubuh terhadap alergi. Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti penyebab, gejala dan pengobatan rhinitis alergi.