Home / General / Anjing Batuk Dan Cara Mengatasinya
Anjing Batuk Dan Cara Mengatasinya

Anjing Batuk Dan Cara Mengatasinya

Anda sering melihat anjing batuk dan terasa berat untuk bernafas. Kondisi tersebut terjadi karena beberapa hal. Anjing adalah hewan peliharaan yang memiliki daya tahan tubuh paling tinggi. Jika anjing tersebut sudah mengalami batuk, ada sesuatu yang tidak beres dan harus segera diselesaikan. Batuk terjadi karena saluran pernapasan tidak lancar dan terhalang dengan kerongkongan. Jika kamu tersedak, batuk akan muncul untuk mengeluarkan benda yang masuk ke tenggorokan. Inilah proses terbentuknya batuk. Benda tersebut dapat berupa cairan atau benda padat misal makanan. Ketika terserang penyakit, kondisi tenggorokan dan kerongkongan menjadi sangat sensitif. Anjing butuh sesuatu agar kondisi tersebut menjadi lega dan reda.

Beberapa anjing mengalami batuk karena cuaca. Ada ras yang cocok hidup di tempat dengan suhu  rendah. Sebaliknya, Anda juga menemukan anjing yang terbiasa hidup di tempat panas. Perbedaan suhu drastis membuat anjing mengalami penurunan daya tahan. Anjing terkena flu ringan lalu mengeluarkan batuk. Untuk mengatasinya adalah memberi minum jika anjing tersebut tersedak, namun, pemilik harus memberikan perhatian khusus jika kondisi tidak membaik. Cara paling jitu adalah datang langsung ke dokter hewan. Mereka melakukan diagnosis dan melihat keseluruhan kondisi anjing. Jika sakit akrena bakteri atau virus, anjing akan diberikan obat.

Beberapa anjing punya tubuh kuat sehingga sering menjadi indukan untuk persilangan. Sebagai contoh, Anda akan melihat banyak sekali anakan hasil silang dengan golden retriever. Sebagai yang telah diketahui, ras ini masuk kategori teratas untuk anjing yang banyak dipelihara. Pemilik suka dengan anjing ini karena bisa beradaptasi langsung di lingkungan manusia. Sifat aslinya aktif tetapi tidak agresif berlebihan. Anjing juga cocok untuk teman segala umur terutama bayi dan anak-anak. Untuk mendapatkan keturunan yang unik, anjing ras golden retriever kadang disilangkan dengan ras yang tidak biasa seperti doodle. Hasil keduanya adalah anjing Mini Goldendoodle. Penamaan belum resmi karena anakan bukan ras tersendiri. Selain itu, Anda butuh pengalaman dan pengetahuan jika ingin memelihara anjing crossbreed tersebut.